Wednesday, October 21, 2015

Cara Membuat Tampilan Blog Agar Lebih Menarik

Membuat tampilan blog menarik atau desain blog agar menarik adalah salah satu bagian yang paling penting untuk mengatur antarmuka website/blog kita. Dengan semakin menarik tampilan blog kita, maka akan semakin menambah kesan positif kepada pengguna (pembaca).
Pengalaman pengguna (user experience) adalah bagian yang penting untuk menjaga pembaca terlibat dalam optimasi mesin pencari yang baik karena bounce rate yang tinggi akan mengakibatkan efek negatif terhadap SEO. Buatlah blog dengan tampilan yang sederhana dan jangan terlalu mencolok atau berlebihan, maka dari itu nyekrip disini akan membahas tentang apa saja poin yang perlu diperhatikan dalam cara membuat tampilan blog agar semakin menarik, tetap sederhana dan yang paling penting adalah membuat nyaman pengunjung.
Kebanyakan dari kita hanya disibukkan dengan mencari dan ganti template ketika berurusan tentang tata letak blog (layout blog), sebenarnya tata letak dan desain itu lebih dari sekedar ganti tema/template. Kita juga harus mempertimbangkan warna tema/template, navigasi, penempatan iklan, header, footer dan font. Kita juga harus mempertimbangkan tata letak untuk pengguna mobile atau smartphone, karena pengguna dengan perangkat ini juga merupakan bagian besar lalu lintas (trafik) blog.

Membuat Tampilan Blog Menarik: Warna Template dan Pengunjung Blog

Kita mungkin meremehkan tentang masalah warna, sebenarnya itu merupakan bagian penting ketika kita mempertimbangkan kenyamanan pengunjung. Setiap blog yang baik akan memiliki desain yang khas dan unik. Misalnya, jika kita memiliki sebuah blog tentang game, maka secara otomatis pembaca kita adalah gamer.
Gamer akan suka dengan latar belakang warna hitam dengan warna neon di bagian depan. Namun, jika blog kita mengenai kesehatan atau kecantikan, maka kombinasi warna ini tidak cocok untuk pembaca. Jika blog kita campur atau gado-gado maka carilah warna yang umum karena pengunjung kita juga orang umum. Untuk itu kita perlu mencari ide tentang desain blog dengan mengunjungi blog yang sudah populer dibidang-nya.
flat-ui-color-picker-nyekrip
Flat UI Color Picker
Jika kita fokus pada desain flat maka pemilihan warna pada desain flat tidak boleh dipilih secara sembarangan, jika bingung dalam memilih warna yang pas, kita bisa menggunakan kumpulan warna untuk desain flat di halaman web Flat UI Colors.

Desain Tampilan Blog Menarik: Header dan Footer

Bagian header adalah bagian atas dari blog kita yang berisi logo dan beberapa navigasi. Biasanya pengguna atau pengunjung akan melihat ke bagian atas untuk akses navigasi karena ingin menggali lebih dalam tentang blog yang dikunjungi-nya. Jika kita tidak mengatur header semaksimal mungkin (misalnya kita melepas navigasi pada bagian header), maka kita dapat membingungkan pengguna dan menyebabkan mereka untuk segera meninggalkan blog.
Footer memang tidak sepenting header pada situs, tetapi footer adalah bagian pelengkap blog. Footer bisa berisi halaman disclaimer dan beberapa link yang berguna bagi pengguna untuk menemukan informasi tambahan tentang blog seperti halaman ” About ” atau halaman ” Kontak “. Biasanya blogger atau pemilik blog akan menjejali footer dengan berbagai badge seperti pagerank atau lainnya (padahal pagerank sudah tewas), itu malah membuat footer kita jadi penuh. Ingat, pengunjung hanya akan membaca artikel atau tutorial anda bukan untuk melihat segala pernak-pernik blog anda, jadi fokuskan pada artikel atau tutorial bagi pembaca.

Merubah Tampilan Blog: Ukuran, Warna, Jenis atau Gaya Huruf (Font)

Ukuran font dan karakteristik-nya terus mengalami perubahan. Desain blog itu ibarat seperti busana, yang akan terus berubah dengan desain terbaru mulai dari tampilan kaku yang kuno sampai tampilan yang flat yang lebih modern. Begitu juga dengan desain font yang dulunya sering menampilkan dengan ukuran yang kecil, sekarang lebih trend menampilkan dengan ukuran besar dan menonjol sehingga mudah dibaca oleh pembaca. Font yang lebih besar membuat konten kita lebih mudah dibaca, meskipun demikian atur ukuran font jangan sampai terlalu besar.
Pemilihan gaya huruf (font style) juga bisa membuat blog lebih mudah atau malahan lebih sulit dibaca. Jika anda bingung untuk memilih, pilihlah font yang umum seperti ” Open Sans “. Di luaran sana terdapat ribuan font yang dapat dipilih, tetapi jika kita sampai memilih font yang salah dan sulit untuk dibaca oleh pembaca, itu bisa menjadi bencana bagi blog.

Membuat Tampilan Website Menarik: Mobile Desain dan Responsif Template

Mobile desain dan template web yang responsif harus dimiliki bagi pemilik blog, apalagi dengan munculnya algoritma google yang tebaru  yang disebut mobilegeddon. Tablet dan smartphone merupakan sumber trafik yang terus meningkat, bukan tidak mungkin jika kedepannya akan mengalahkan pengguna desktop.
Desain yang responsif akan mengatur tata letak dan ukuran gambar sesuai dengan ukuran halaman browser, sekarang sudah semakin bertambah-nya peredaran smartphone dengan layar berbagai ukuran sehingga membutuhkan tingkat adaptasi yang lebih tinggi. Gunakan teknik media queries pada CSS dan jangan lupa untuk mengurangi size gambar.
Kita dapat menggunakan Twitter Bootstrap yang merupakan perangkat gratis yang menyediakan CSS dan JavaScript untuk desain blog dan membuat query responsif. Meskipun bernama Twitter Bootstrap, perangkat ini tidak melibatkan Twitter, diberi nama Twitter karena diciptakan oleh pengembang Twitter. Twitter bootstrap dengan cepat menjadi cara yang populer untuk merancang tema blog dan layout. Untuk download, silahkan kunjungi halaman Getbootstrap.com.
Dengan memperhatikan poin-poin diatas, kita bisa memulai atau merubah tampilan blog agar menarik. Kita bisa menggunakan pedoman diatas ketika kita memilih template untuk blog atau website, jika tidak menemukan kriteria diatas, kita harus merubah atau mendesain sendiri template atau juga bisa menggunakan jasa desain website/blog.

0 comments :

Post a Comment